12
Nov

Ide Aplikasi Facade untuk Rumah Mewah dan Sederhana

Ketika Anda membangun sebuah rumah maka hal terakhir dan pertama apa yang Anda pertimbangkan? Mungkin Anda sudah memikirkan tema sebagai modal awal desain rumah. Ini memang sangat benar, namun Anda juga tidak boleh melupakan bagian penyelesaian. Salah satunya adalah model dan ide facade yang akan membuat keseluruhan bagian rumah terlihat indah sesuai dengan tema yang sudah dirancang. Facade adalah bagian penting dari pembangunan rumah yang bisa memberikan pengaruh estetika rumah dan juga penampilan rumah. Karena facade masuk dalam tahap penyelesaian maka Anda bisa mencoba mempertimbangkan ide-ide pilihan facade untuk rumah mewah dan sederhana, seperti berikut ini.

  1. Dinding granite

Bahan granite alam bisa menjadi bahan facade pilihan untuk rumah dengan kesan mewah atau sederhana. Namun Anda tidak bisa memakai model ini untuk semua bagian rumah. Umumnya hanya digunakan untuk bagian bawah dinding atau sebagian dari dinding dengan teras. Karena pilihan dan motifnya sangat banyak maka Anda harus menyesuaikan dengan penampilan eksterior rumah. Namun keputusan menggunakan facade dengan bahan granite harus dilakukan sejak awal pembangunan rumah, karena model ini membutuhkan dasar bangunan yang kuat dan kokoh.

  1. Facade dari batu alam

Batu alam sangat banyak digunakan untuk konsep rumah minimalis di perumahan. Model batu alam ini bisa meningkatkan kesan rumah menjadi lebih luas dan nyaman. Warna-warna batu alam juga sangat sesuai dengan pilihan warna cat untuk rumah minimalis. Dan batu alam juga bisa digunakan untuk rumah mewah. Model pemasangan batu alam bisa disesuaikan dengan tekstur. Namun terkadang batu alam ini membutuhkan pondasi yang kokoh dan perawatan untuk menghilangkan lumut dan jamur.

  1. Aci dan cat

Hampir semua rumah mewah dan rumah minimalis sering menggunakan facade dengan model aci halus dan cat. Ini sangat menguntungkan karena material pembangunan bisa menjadi lebih murah dan Anda tidak membutuhkan tukang khusus untuk mengerjakannya. Namun kelemahan bahan ini sering menyebabkan retak, cat yang mengelupas dan perubahan warna akibat pengaruh cuaca. Jadi pertimbangkan bagaimana kondisi lingkungan rumah Anda untuk memilih model aci dan jenis cat.

  1. Bahan kaca

Dinding kaca sekarang menjadi banyak pilihan baik untuk rumah atau pusat bisnis. Awalnya dinding kaca hanya identik dengan toko atau cafe. Namun sekarang dinding kaca menarik untuk rumah. Bahan ini sangat baik untuk rumah minimalis karena bisa membuat kesan luas dan cerah dalam rumah. Sinar matahari juga bisa masuk ke rumah. Namun tetap membutuhkan perawatan rutin dan memberi efek buruk berupa panas dalam rumah.

Jadi memilih facade rumah memang harus dipertimbangkan dengan banyak hal. Bagian yang paling penting adalah pengaruh pada biaya. Dan sebenarnya penambahan facade rumah dengan konsep dan bahan yang lebih mahal bisa dilakukan secara perlahan saat finishing. Anda bisa menyiapkan anggaran terlebih dahulu.